Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RAIH PENGHASILAN RATUSAN JUTA DARI PORTAL BERITA

RAIH PENGHASILAN RATUSAN JUTA DARI PORTAL BERITA

Dijaman yang serba modern sekarang, hampir semua sudah mengetahui yang namanya dunia internet.
Bahkan banyak juga yang lebih memfokuskan diri untuk meraih sumber penghasilan melalui media internet. Karna dijaman sekarang, nyaris semua orang sudah mempunyai gadget. Tidak hanya orang tua saja, bahkan anak kecil sekalipun sudah banyak yang mempunyai smartphone sendiri. Untuk sebagian orang, berbisnis di dunia internet adalah suatu anugerah untuk mereka yang berhasil meraup uang hingga ratusan juta rupiah. Namun ada juga orang yang tidak ada perkembangan sama sekali dalam menjalankan bisnis di Dunia internet tersebut.

Sama halnya dengan bisnis di dunia nyata, kita membuat sebuah perusahaan media cetak atau biasa disebut Koran, jika kita tau bagaimana kita harus mengelolanya dan terus berusaha untuk mengembangkannya, maka hasil yang didapat akan memuaskan, sebaliknya jika kita pesimis untuk menjalankan usaha kita, ya dengan kata lain hanya tinggal menunggu bangkrut.

Berbicara soal bisnis, banyak hal yang bisa kita buat untuk mendapatkan penghasilan dari memulai bisnis online.  Sebagai contohnya kita mencoba untuk membangun sebuah usaha portal berita. Apa itu portalberita? Pengertian portal berita pada dasarnya hampir sama dengan Koran, untuk memberikan informasi berita kepada masyarakat. namun perbedaannya adalah Koran berisi berita kemarin, dan portal berita online berisi berita terbaru. Artinya semakin cepat kita mengupdate berita terbaru di portal berita kita, semakin cepat juga nantinya penghasilan yang kita dapat.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari portal berita tersebut? Banyak orang yang mengira penghasilan google adalah penghasilan yang luar biasa dan anda langsung memfokuskan diri membuat sebuah blog atau website untuk mendapatkan akun google adsense. Jika anda salah satunya yang berpikir seperti itu, anda salah besar.

Memang Google Adsense adalah salah satu sumber penghasilan kita untuk mendapatkan penghasilan dari dunia internet, namun ada yang lebih menguntungkan dari Google adsense jika kita bisa membuat dan menjalankan bisnis online kita dalam bentuk portal berita. Bagaimana caranya? Akan kita bahas dibawah.

Sebelumnya mari kita bahas apa saja yang harus kita persiapkan dalam membangun bisnis online Portal Berita.

1.     Tentukan Server dan Template Website
Ini adalah hal penting dalam situs portal berita, yaitu hal kecepatan dan template/tampilan website. Carilah template yang mudah untuk dipahami oleh pembaca.

2.     Wartawan dan Karyawan
Apakah anda  mendirikan situs portal berita ini serius? atau hanya sekedar mengisi kekosongan aktifitas dengan mengkopas berita-berita dari situs portal berita ternama dan terkenal?.
Nah ini adalah faktor kendala dimana banyak situs portal berita yang gulung tikar. Salah manajemen, di urus sendiri tanpa menjalin koneksi atau kerjasama dengan banyak orang, jika seperti itu jangan harap situs portal berita yang anda  garap akan sukses, yang ada situs portal berita anda akan  sepi alias tidak ada yang berkunjung.

Akan tetapi jika anda tidak mempunyai banyak teman untuk diajak bekerjasama dalam membangun portal berita, setidaknya anda hanya butuh 1 atau 2 orang teman anda yang bisa diajak bekerjasama dalam membangun portal berita ini. Pada dasarnya, yang namanya portal berita semua intinya sama, yaitu menyalurkan dan memberikan informasi.
Lalu  apa saja yang harus dilakukan dengan hanya tim yang berjumlah 3 orang?

Anda bisa membagi waktu tim anda untuk mengupdate berita. Contoh saja anda mempunyai 3 orang tim, dan tugas anda adalah mengupdate berita terbaru dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Lalu teman anda meneruskan ngupdate berita dari jam 12 sampai jam 6 sore, lalu dilanjut dengan teman anda yang ke 3 .

Tentukan waktu untuk bergantian mengupdate berita dengan tim anda. Cara ini hanya untuk anda yang tidak mempunyai tim, yang memang bergelut di bidang reporter.  Untuk ukuran portal berita baru buka 1 hari, minimal kita tidak perlu wartawan terlebih dahulu. Kita hanya butuh 3 orang tim dan computer + internet untuk mencari berita terbaru lalu mengedit ulang berita tersebut serta menyertakan sumbernya.

Untuk kedepannya anda wajib mempunyai wartawan sendiri karna wartawan ini adalah salah satu ladang uang untuk bisnis portal berita anda.


3.     Tema dan Mengolah Konten Berita
Dalam hal ini, pertama anda harus menentukan kemana arah tujuan portal berita anda? Lokal, nasional, internasional atau hanya mengejar berita lifestyle dan sport?


4.     Media Sosial
Hukumnya wajib bagi pemilik situs portal berita untuk berbagi beritanya di media sosial, situs portal berita anda wajib memanfaatkan sosial media. Karna Sosial Media adalah bentuk periklanan untuk anda yang tidak punya modal beriklan berbayar . anda hanya cukup menyebarluaskan link berita portal anda melalui social media. Semakin Banyak social media yang anda dapat, semakin cepat juga anda akan mendapatkan uang untuk bisnis online anda.

5.     Tingkatkan SEO dan Pengunjung
Dalam membuat bisnis online, sudah pasti akan gagal jika tidak ada yang mengunjungi website kita.
Silahkan lakukan semua cara untuk mendapatkan pengunjung dan SEO yang bagus.

6.     Pencari Iklan / Accout Executive
Jika anda mempunyai teman atau karyawan yang mempunyai skill mencari iklan untuk web portal berita anda, bisnis online portal berita anda akan jauh dari yang namanya gulung tikar.


Beberapa poin diatas adalah hal yang wajib untuk anda lakukan jika anda ingin membuat sebuah portal berita. Lantas darimana kita akan mendapatkan uang ratusan juta rupiah dari portal berita?

Mari kita bahas darimana kita akan mendapatkan keuntungannya. Sebagai contoh, kita lihat trik yang dilakukan oleh salah satu portal berita bernama www.bharatanews.id yang selalu memberikan informasi berita terkini, terbaru dan terpercaya.



Portal berita www.bharatanews.id bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta melalui iklan yang ia dapat.

Kira-kira iklan apa saja yang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta?

1.     Google Adsense
Seperti yang tadi saya katakan, jika anda hanya berfokus kepada google adsense adalah kesalahan besar untuk anda. Memang benar google adsense mampu memberikan penghasilan kita hingga puluhan bahkan ratusan juta, namun saya rasa itu terlalu berlebihan dan sangat sulit untuk didapat. www.bharatanews,id menggunakan google adsense sebagai tambahan penghasilan yang didapat. Dari pendapatan google adsense, portal berita bharatanews.id mendapatkan 200 hingga 400 dollar perbulan. Jika ditukar dengan rupiah, hanya berkisar 3-5 juta saja. Apakah cukup uang 3-5 juta dibagi untuk anda dan tim anda? Tidak.
Jadi anggap saja google adsense ini hanya untuk mengganti pemakaian modem internet anda setiap bulannnya .

2.     Iklan Mandiri
Apa itu iklan mandiri? Iklan ini biasa didapat dari pengusaha pengusaha yang menjalankan bisnisnya dan memasang iklan dalam bentuk banner atau artikel. Berbeda dengan Blogger, memang banyak juga pengusaha yang memasang iklan di blogger, namun harganya jauh lebih murah daripada memasang iklan di portal berita. Apalagi jika portal berita anda ini sudah berbadan hukum dan sudah terkenal di daerah anda.

Seperti yang tadi disebutkan bahwa anda harus menentukan portal berita anda focus ke lokal atau nasional? Banyak pengusaha yang berminat untuk memasang iklan di portal berita lokal. Dan harga yang ditawarkan pun jauh lebih besar daripada orang yang memasang iklan di Blogger. Jika memasang iklan di Blogger hanya 400 ribu perbulan, di portal berita ini anda bisa menawarkan paling kecil 3 sampai 15 juta perbulannya .

Harga tersebut adalah harga normal. Bahkan masih dibilang kecil dengan harga 3 juta. Jika portal berita anda sudah benar benar terkenal, bisa jadi harga space iklan terkecil adalah 15 juta dan termahal bisa sampai ratusan juta perbulan. Bagaimana jika yang memasang iklan tidak hanya 1 orang? Mungkin ada 4 atau 5 orang yang memasang iklan di website portal berita anda? Bisa anda hitung sendiri penghasilan yang didapat perbulannya.  

3.     Publikasi Kinerja
Publikasi kinerja adalah berita yang berisi program program pemerintahan dalam instansi tertentu. Nah salah satu kelebihan portal berita adalah mempunyai jatah dari pemerintah setiap tahunnya.

Perusahaan  milik pemerintah menyisihkan sebagian uang nya untuk media Portal Berita dalam bentuk iklan banner atau publikasi kinerja. Jika portal berita anda adalah portal berita komersil dan berbadan hukum, bisa jadi portal berita anda akan mendapatkan jatah tahunan dari PDAM atau badan usaha pemerintahan yang lainnya yang jumlah rupiahnya biasanya mencapai puluhan hingga ratusan juta.  Luar biasa bukan?

Akan lebih mudah jika anda memiliki kedekatan dengan pejabat yang bersangkutan, namun harus diperhatikan juga status kelegalan portal berita anda, jika anda hanya mengkopi paste berita dari portal berita lain dan anda tidak mempunyai wartawan, akan sulit mendapatkan publikasi kinerja dari pemerintahan ini. Dan Publikasi kinerja ini biasanya hanya untuk media media lokal. tadi saya sebutkan anda harus menentukan kearah mana portal berita anda? Lokal atau nasional?

4.     Iklan Tak Terduga
Jika portal berita anda sudah sukses dalam artian mempunyai banyak pengunjung dan menjadi portal rujukan dari media media lain, jangan kaget jika ada yang menelpon atau mengirimkan email kepada anda untuk menawarkan kerja sama media partner, pemasangan iklan dalam bentuk artikel atau banner.

Dalam hal ini anda bisa mencari perusahaan perusahaan terkenal di Indonesia untuk mengajukan penawaran pemasangan iklan di website anda. Jika portal berita anda mengarah ke nasional, akan lebih mudah untuk mendapatkan cara seperti ini,

Contoh nya lagi seperti www.bharatanews.id, portal berita tersebut sering mendapatkan penawaran kerjasama yang tidak terduga, tiba tiba ada email menawrakan kerja sama artikel berbayar atau iklan banner.

Apa itu artikel berbayar? Jadi ada sebuah perusahaan yang ingin menampilkan artikelnya yang mengarah ke website miliknya seperti perusahaan asuransi atau property.

Dalam 1 artikel ini biasanya kita akan dibayar 150.000 hingga 300.000 per artikel. Bagaimana jika dalam 1 bulan anda dikirimi 50 artikel dari perusahaan tersebut?

Tidak hanya dalam bentuk artikel, www.bharatanews.id juga biasa mendapatkan email penawaran kerja sama pemasangan iklan dalam bentuk banner yang harganya seperti tadi saya sebutkan diatas, 3 hinggal 5 juta perbulan. Namun bedanya untuk masalah ini bukan kita yang mencari pemasang iklan tetapi kita yang dicari pemasang iklan.

Bahkan ada juga iklan dalam bentuk barter. Barter disini adalah misalkan ada yang ingin memasang iklan di portal berita kita, tapi kita tidak menerima uang dari dia. Melainkan dalam bentuk barang. Barang apa saja yang dia punya yang kira kira harganya sesuai dengan harga iklan di website kita. Contohnya seperti computer, AC, Dll.

5.     Iklan Ucapan
Ini yang paling banyak ditunggu tunggu oleh media media lokal.  Bahwasanya setiap ada momen penting, itu adalah rezeki untuk media. Misalkan jika kita akan menghadapi hari raya idul fitri, para media pergi kesana sini atau menelpon sana sini intik menawarkan iklan ucapan kepada para pejabat, mentri, walikota atau bupati, memang harga dari iklan ucapan ini hanyalah sekita 300ribu hingga 2 juta, namun jika kita bisa dapat iklan ucapan dari 20 orang? Lumayan juga kan.


Poin poin diatas adalah cara kita untuk mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari membangun bisnis online portal berita.

Namun dalam pengertian diatas, dijelaskan bahwa kita harus memfokuskan kea rah mana portal berita kita, lokal atau nasional?

Berbeda dengan cara portal berita www.bharatanews.id , portal berita tersebut menggarap semua dari yang saya sebutkan.

Portal berita tersebut memang sebenarnya terlihat seperti portal berita nasional, namun ternyata www.bharatanews.id  membuat juga kontek wilayah seperti bogor, depok, sukabumi dll.

Lihat Menu konten dari portal berita www.bharatanews.id



Dari segi konten yang dibuat, portal ini membuat semua yang saya sebutkan masuk dalam satu website portal berita ini.

Nasional, Lokal, Internasional semua ada didalamnya. Jadi jika kita memilih memfokuskan portal berita loka kita bisa mendapatkan penghasilan ratusan juta, bagaimana jika kita memfokuskan ke lokal dan nasional? Bisa anda bayangkan sendiri. Untuk memastikannya, silahkan buka di websitenya langsung. www.bharatanews.id

Mungkin sekiranya artikel ini dapat membantu menginspirasi anda untuk membuka bisnis online portal berita. Semua usaha jika kita lakukan dan jalani dengan penuh semangat, maka hasilnya pun akan sangat memuaskan.


Semoga bermanfaat

9 komentar untuk "RAIH PENGHASILAN RATUSAN JUTA DARI PORTAL BERITA"

  1. Artikel ini bagus. Cari uang memang susah, tapi kalau kita niat dan tidak malas, pasti ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan blogging. Salam sukses!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali gan, jika kita konsisten dan fokus pada suatu bidang misalnya blogging maka sukses itu akan datang

      Hapus
  2. Terima kasih im going to start now .

    BalasHapus
  3. Mau nanya bang, u/ portal berita pemula bagusnya pake cms seperti wordpress, dll atau bikin sendiri cms dgn php ?

    Kalo bharatanews.id pake cms apa bang ?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk portal berita menurut saya lebih baik menggunakan wordpress gan, disana fiturnya sangat lengkap, menurut saya tidak perlu membuat cms sendiri.

      kalau bhratanews pakai wp gan

      Hapus
  4. saya sdg merintis portal berita. mulai tahun ini insha Allah saya mendapat pesanan advertorial dari beberapa pemkab. Advertorial ini permintaannya dibuatkan halaman khusus yang headernya memakai banner Pemkab terkait. yang saya tanyakan, bagaimana cara membuat halaman advertorial khusus tsb, dimana saat di klik tampilannya akan spt home page. terimaksih...o ya kunjungi juga portal saya gardaberita.com

    BalasHapus

BAGAIMANA DENGAN ARTIKEL DIATAS?

--> Silahkan berikan komentar anda yang relavan dikolom dibawah ini, untuk menjalin silaturrahmi.

--> Berkomentarlah dengan sopan dan disarankan untuk memberi kritikan yang bersifat membangun.

--> JANGAN BERKOMENTAR SPAM, karena sistem kami mendeteksi spam otomatis dan berdampak buruk pada situs anda..

--> 80% komentar disetujui.. jangan buang-buang waktu anda melakukan SPAM disini..

Admin: BIBO (Berbagi ilmu bisnis online)