Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Video Youtube yang terkana Copyright Claim

Contoh Video Youtube yang terkana Copyright Claim

Hai sahabat bibo, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai youtube, dimana youtube ini adalah tempatnya pebisnis online mangkir yah... disana ada video marketing, content creator dan sebagainnya dan saya tahu anda sudah tahu hal itu.

Jika kamu seorang pembuat video atau content creator kamu memilih bisnis membuat video. kamu tentunya juga harus tahu kebijakan kebijakan youtube.

Kebijakan yang paling umum adalah
1. Jangan ada kontent sensitif
2. Jangan upload konten negatif seperti konten d3wasa
3. Jangan memasukan sembarang lagu atau musik ke video
4. Jangan masukkan video orang lain.

Itu adalah kebijakan paling umum di youtube.

Jika kamu melanggar kebijakan tersubut apa dampaknya?

Dampaknya adalah
1. Penghapusan video
2. Penghapusan channel youtube
3. Copyright

Nah kita akan bahas mengenai copyright ini, karena beberapa hari lalu saya mencoba mengupload video game yang ternyata memiliki musik ber copyright didalamnya dan saya terkena claim hak cipta ini.

Berikut ini adalah contoh video yang melanggar copyright atau di klaim hak ciptnya.
kita akan mendapatkan email dari team youtube seperti dibawah ini



Dimana yang mengklaim adalah pemilik musik atau lagunya, disana disebutkan video yang melanggar atau yang terkena hak cipta,

kemudian setelah ini langkah yang harus kita ambil adalah buka channel youtube melalui pc atau dekstop, pilih creator studio kemudian pilih pengelolah video dan cari notifikasi hak cipta.

video yang kena copyright akan ditandai dengan lambang c dalam lingkaran, nah silahkan pencet saja icon c nya tersebut.


maka akan muncul seperti dibawah ini:

nah setelah itu disana ada data konten yang terdapat dalam video kamu yang terkena hak cipta itu, kemudiann ada pengunggat, dan terdapat kebijakan youtube dimana video dicekal diseluruh dunia, artinya video kamu tidak bisa ditonton orang lain kecuali kamu di channel youtube itu.

lalu langkah mengatasinya bagaimana?
1. kamu bisa membuang lagunya saja jika hanya musik yang terkena hak cipta,
2. akan tetapi jika itu videonya yang terkena hak cipta maka kamu harus menghapus video tersebut.

Nah ada satu lagi, bagaimana jika videonya original buatan kita kemudian musiknya dari library youtube yang bebas hak cipta kemudian ada yang klaim itu videonya, enak aja kan orang itu klaim klaim sembarangan sedangkan punya kita original?

jika ada yang seperti ini tenang sob, kamu bisa mengajukan peninjauan kembali dan kamu harus menjelaskan bahwa video itu adalah original buatan kamu intinya meyakinkan pihak youtube,

caranya kamu pilih saja ajukan penolakan seperti digambar diatas, silahkan isi informasi yang diminta, jika banding ditolak maka banding ke 2 bisa lagi disini informasi yang diminta lebih detail lagi jadi kebanyakan disinilah berhasilnya jika konten kita original dan kita bisa menunjukan buktinya.


oke sob sekian saja artikel kali inis semoga bermanfaat yah sob.

Posting Komentar untuk "Contoh Video Youtube yang terkana Copyright Claim"