Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual tulisan, bisnis online pelajar dan mahasiswa mau tahu rahasianya?

Jual tulisan, bisnis online pelajar dan mahasiswa mau tahu rahasianya?

selamat datang di BIBO, Pada kesempatan ini ilmu bisnis online yang akan kita bahas adalah "jual tulisan online" , "jasa pembuatan artikel", "nulis diblog orang", "content writter" , "penulis online", nah jika kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa apalagi kamu suka belajar dan nulis nulis punya segala sesuatu yang ada difikiran kenapa tidak dijadiin penghasil uang aja?.. yah jadi maksud saya adalah anda menjadi "penulis artikel dan menjualnya",

mungkin kah hal itu?, emang ada orang yang mau beli artikel tulisan saya?, masa sih tulisan dibeli segala?, .. mungkin beragam pertanyaan seperti itu akan muncul dipikiran anda. jawaban saya adalah: sangat mungkin sekali.
content writer atau penulis konten/penulis artikel adalah: seorang yang menulis artikel dengan topik yang ditentukan, dibuat semenarik mungkin dengan gaya bahasa menarik dan sesuai SEO kemudian dijual ke orang lain dan mendapatkan uang.
jadi kerja kita cuma nulis kemudian dijual, ada juga loh orang yang sudah langganan menulis artikel pada seseorang.

lalu jika masalahnya seperti ini bagaimana, saya tidak bisa menulis dan tidak tahu cara menulis yang baik itu seperti apa?


jawabnya: manusia itu pada umumnya punya kemampuan menulis luar biasa, jika terus diasah maka 1 artikelpun bisa hanya 5 menit dan artikel yang dihasilkan juga berkualitas dan unik.

jika anda tertarik menulis kemudian menjualnya secara online, berikut sistemnya:

jadi, menulis itu bisa diasah, anda dapat memulai belajar menulis dimicrosoft word. biasanya harga yang dipatok oleh pembeli adalah dengan hitungan kata misalnya 250 kata 300 kata 400 kata 500 kata 600 kata 800 kata 1000 kata atau sampai 1500 kata, jadi harganya tergantung katanya, semakin banyak katanya semakin mahal harganya, tapi anda tidak boleh membolak balik kan kata supaya banyak, karena yang dicari orang adalah artikel yang berkualitas dan unik serta asli bukan copy paste dari sumber lain.

tahap pertama anda belajar nulis artikel coba anda mengetik 300 kata saja, caranya pertama tentuin judul artikel pastikan judulnya menarik dan membuat orang tertarik membaca misalnya "cara mengobati jerawat alami ampuh dan terbukti, gak baca nyesal loh?" anda buat kalimat pembuka seperti "hai sob pada kesempatan ini sesuai dengan judul kita akan membahas mengenai cara mengobati jerawat ampuh, cara ini sangat alami karena dari bahan tradisional, apa saja langkahnya? perhatikan berikut ini:.... " kemudian tulis langkah langkahnya dengan gaya bahasa anda, kemudian kata penutup "nah sob, itulah pembahasan kita pada kesempatan ini cara mengobati jerawat, semoga bermanfaat" . nah anda coba membuatnya 300 kata saja pertama dulu, dan kemudian setelah jadi anda baca dan simpulkan apakah anda tertarik dengan tulisan yang anda tulis atau artikel yang anda ketik? , jika anda tertarik maka anda mulai dapat menawarkan dan menjualnya secara online.

semakin bagus ketikan atau tulisan anda akan semakin mudah dibeli orang, atau jika anda fasih berbahasa inggris anda dapat menulis dalam bahasa inggris dan tentunya lebih mahal lagi dan tidak perlu menjual keorang luar negeri orang indo banyak yang mau beli kok. caranya nanti setelah step berikut.


jika anda sudah praktek menulis dan mampu menyalurkan fikiran anda ketulisan atau keketikan anda anda kemudian perlu belajar mengenai hal hal berikut:


1. ciri khas dalam menulis, anda harus menciptakan ciri khas yang membuat orang tertarik membaca tulisan anda dan dikagumi pembaca, misalnya dengan cara membuat judul menarik, menulis dengan jelas dan tidak bertele tele, menghibur pembaca dengan bergurau seperti "cara ini emang ampuh loh sob saya udah coba, hasilnya? saya jadi ganteng/cantik sob hehe wkwkwk " ini merupakan teknik anda menulis.

2. SEO. SEO adalah search engine optimation atau optimasi mesin pencari, seperti google. disini untuk awal awal mungkin tidak perlu, karena kalau anda jual artikel nanti seonya bisa disetting oleh pembeli dan lama kelamaan anda akan mengerti seo, seperti menebalkan kalimat tertentu, memberi link , memberi gambar dan sebagainya.

3. jangan mengcopy paste tulisan orang lain, jika ingin menjual ketikan, tulisan atau artikel anda harus menulis dengan gaya bahasa anda dan tidak boleh copy paste dari sumber lain, tapi jika mencontoh struktur boleh bentuk dan gaya penulisan berbeda namun tujuan sama, jangan kira anda bisa membohongi orang "ini asli saya nulis" ternyata tidak, karena tahu artikel copas atau tidak bisa dengan menggunakan alat, jadi jangan berfikir untuk mengakali.

4. berikan gambar, gambar adalah hiasan tulisan atau artikel, pembaca akan suka jika ada gambar dalam sebuah artikel dan buat gambar menarik dan tidak copas , anda bisa membuat di flamingtext,com kemudian mengedit pake paint.

5. tulisan bermanfaat. pastikan tulisan anda bermanfaat agar bisa dibeli oleh orang lain.

itu diatas tipsnya, jadi jika anda sudah bisa menulis untuk tahap awal anda bisa mematok harga seperti berikut, anggap saja promosi:

300 kata 5 ribu, 400 7 ribu, 500 8 ribu 700 10 ribu, 1000 13 ribu. kalo udah laris dan disukai orang atau pembeli, dan banyak langganan maka anda bisa mematok harga lebih tinggi dan promosi seperti "stok terbatas, asli berkualitas dan unik, dijamin!!!" pasti deh tetap dibeli orang. seperti 300 kata jadi 7 ribu 400 kata jadi 9 ribu 500 kata jadi 12 ribu 700 17 ribu, 1000 kata 20 ribu, 1500 25 ribu.. lumayan bukan? apalagi kalau artikel bahasa inggris 500 kata saja bisa 25.000 anda jual.

nah jika anda sudah tahu cara nulisnya, sistem harganya. kemudian selanjutnya adalah mencari pembeli caranya mudah:


1. Browsing "tempat jual artikel"
2. tawarkan diforum kaskus, google+ twitter , facebook
3. bergabung kegrup facebook yang berpotensi membeli artikel seperti : blogger indonesia, google adsense indonesia, kemudian tawarkan disana, maka orang akan bertanya dan membelinya, jika dia suka maka dia jadi pelanggan anda dan anda bisa berbisnis online sambil kuliah atau belajar, anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk menulis artikel.

JADI, APAKAH ANDA TERTARIK MENJADI PENULIS BERBISNIS ONLINE?

Posting Komentar untuk "Jual tulisan, bisnis online pelajar dan mahasiswa mau tahu rahasianya?"