Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya segmentasi, targeting dan posisioning produk Dalam bisnis online.

Pentingnya segmentasi, targeting dan posisioning produk Dalam bisnis online.
Proses segmentasi,targeting dan positioning diperlukan bukan hanya dalam bisnis online. sejatinya semua bisnis memerlukan suatu strategi pemasaran untuk meraih pasar. segmentasi, targeting, dan positioning akan mempermudah menentukan strategi pengembangan bisnis kita. segmentasi adalah pemilahan pasar kedalam beberapa bagian yang lebih kecil. pemilihan segmen berdasarkan demografi antara lain berdasarkan variabel usia. misalkan konsumen dipilah menjadi kelompok umur 17-25 tahun remaja, 26-35 tahun dewasa dan 35 tahun keatas matang. pengelompokan yang demikian bisa berlaku untuk produk fashion. model yang diminati oleh segmen pasar remaja tentu berbeda dengan segmen dewasa, dan demikian seterusnya. pemilihan segmen berdasarkan geografi, misalnya model busana muslim untuk wilayah timur tengah berbeda dengan model busana muslim untuk wilayah lokal indonesia. sementara itu pemilahan pasar berdasarkan psikografi berkaitan dengan hoby.


misalnya menyediakan peralatan menjahit, menggambar atau olahraga.

Langkah selanjutnya adalah targeting, yaitu proses penentuan segmen. penentuan segmen ini tentu harus berdasarkan analisis potensi keuntungan, segmen mana yang sekiranya paling mengunt
ungkan untuk digarap, juga berdasarkan pemikiran mengenai kesiapan kita sebagai pebisnis untuk menggarap segmen tersebut. misalnya kesiapan sumber daya manusia (SDM), banyaknya modal, dan biaya produksi, dalam bisnis online, kita dapat memanfaatkan internet sebagai bahan penentuan segmen. salah satu caranya dengan menggunakan kuisioner terbuka via email kepada calon customer kita. buatlah sebuah survei mengenai kecendrungan spesifik produk yang dibutuhkan oleh customer online. yang sekiranya akan mendapatkan respon pasar yang bagus.

sementara itu. positioning adalah penempatan produk dibenak konsumen sehingga customer selalu mengingat produk kita. misalnya jika kita berjualan kerudung yang unik dan menarik, customer akan selalu mengingat bahwa kerudung yang

kita jual adalah kerudung berkualitas bagus. segmenting targeting dan positioning ini sangat penting dalam bisnis online. maka anda perlu mengingatnya dan menerapkan pada website toko online anda..

sekian.. jangan lupa beri tanggapan anda dikomentar yah

Posting Komentar untuk "Pentingnya segmentasi, targeting dan posisioning produk Dalam bisnis online."