Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara bagaimana menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik pada bisnis online

6 Cara bagaimana menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik pada bisnis online
Menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik ini penting sekali sob.. sobat harus menjaga kepercayaan pelanggan agar tetap berlangganan dengan sobat.
dalam bisnis online menjaga kepercayaan konsumen hukumnya wajib sob. berbeda dengan bisnis konvensional, dalam bisnis online calon pelanggan dan penjual tidak bertemu secara langsung.
pelanggan juga akan mengirim sejumlah uang kepada sobat yang belum pernah ia kenal secara langsung. oleh karena itu sebagai penjual sobat harus menjaga kepercayaan pelanggan yang telah diberikan kepada sobat sebaik-baiknya. bagaimana menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik? ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kepercayaan pelanggan.
image by http://www.jasapenulisartikelmu.com

^ memberikan nomor telepon yang mudah dihubungi.
pelanggan akan merasa nyaman ketika dia bisa bercakap langsung dengan sobat selaku penjual yang selama ini hanya ditemui di internet. oleh karena itu sobat perlu menyediakan waktu untuk siap dihubungi kapan pun oleh pelanggan. dalam bisnis internet, sobat harus menyadari bahwa perbedaan waktu memungkinkan para pelanggan dibelahan dunia bisa menghubungi sobat kapanpun. sebagai contoh jika pelanggan sobat berada dieropa, ia akan menghubungi sobat pada waktu yang mungkin tidak lazim bagi orang yang tinggal diindonesia sobat harus selalu siap untuk menerima kondisi tersebut.

^ memastikan produk yang sobat jual dalam kondisi bagus.
jika sobat menyediakan produk yang berkualitas, pelanggan akan merasa puas, mereka tidak akan berpikir dua kali untuk memesan lagi kepada sobat. sebaliknya, jika ternyata produk yang mereka terima tidak sesuai dengan karakteristik yang sobat tulis diwebsite berarti sobat telah merusak kepercayaan pelanggan. mustahil dia akan membeli lagi bahkan bisa mempromosikan keburukan website sobat.

^ memberikan layanan purna jual yang baik.
usahakan agar selalu membantu pelanggan jika mereka ternyata kurang puas dengan produk yang dibeli ditoko online sobat. misal: sobat menjual produk berupa

mainan anak, tetapi sampai ditangan konsumen ternyata tidak bisa berfungsi dengan bail. tetapi sesampainya ditangan konsumen ternyata tidak bisa berfungsi dengan baik. bagaimana solusinya? sobat bisa menawarkan untuk memperbaiki atau mengganti mainan terrebut dengan yang baru dengan demikian pelanggan akan merasa puas dan kepercayaan mereka kepada sobat pun semakin tinggi.

^ memberikan garansi uang kembali jika barang tidak sampai.
salah satu kekhawatiran yang sering muncul dari calon pelanggan adalah toko online sobat tidak bisa dipercaya. sobat dianggap hanya melakukan jual beli fiktif yang hendak merengguk keuntungan dari pembeli tersebut adalah keliru. salah satu caranya bisa dengan memberikan jaminan bahwa uang akan dikembalikan apabila barang yang dipesan tidak sampai.

^ mengabarkan bukti resi kirim.
untuk semakin memantapkan kepercayaan calon pelanggan bukti resi kirim sebaiknya sobat kabarkan kepadanya. caranya bisa melalui email, sms, atau telpon. cara ini akan menghilangkan rasa was-was pelanggan

terhadap kondisi barang yang telah dipesan kepada sobat.

^ menggunakan jasa kurir yang andal dan terpercaya.

jika pelanggan menghendaki menggunakan jasa kurir pilihan mereka, sobat harus layani dengan senang hati. sobat bisa menentukan besarnya biaya untuk membayar jasa kurir tersebut sesuai kesepakatan dengan pembeli.

nah sob itulah 6 Cara bagaimana menjaga dengan baik kepercayaan pelanggan. semoga bermanfaat jangan lupa beri komentar yah sob.. mari kita bersilaturrahmi

Posting Komentar untuk "6 Cara bagaimana menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik pada bisnis online"